Yuk Kenali Kayu Kamper, Si Anti-Rayap

Kayu jadi bahan fundamen pembagunan tempat tinggal di samping batu bata serta semen. Kayu juga terbagi dalam bermacam jenis tipe, diantaranya ialah kayu kamper. Khasnya, kayu ini diketahui untuk material yang tahan banting serta tahan pada gempuran rayap.

Dekoruma telah meringkas info tentang kayu kamper yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Silahkan kita baca di bawah ini.

Asal Saran Kayu Kamper
Kayu yang mempunyai nama latin Cinnamomum camphora ini disebutkan kayu kamper sebab baunya yang seperti aroma kamper. Datang dari wilayah tropis, kayu kamper banyak didapati di Pulau Kalimantan, terutamanya di Samarinda. Tetapi seiring waktu berjalan, kayu kamper telah mulai dibudidayakan di wilayah subtropis.

Beberapa ciri Kayu Kamper
Dengan cara fisik, kayu kamper mempunyai ukuran pohon biasanya pada 20-30 mtr. berdiameter 0,6-1,2 mtr.. Serat kayunya didominasi skema serat yang lurus atau bergelombang. Teksturnya juga berasa kasar waktu diraba serta cukup mengkilap waktu disaksikan sebab kayu kamper memiliki tingkat kilau medium.

Sama seperti yang telah diuraikan awalnya, kayu kamper mempunyai ketahanan yang baik hingga awet dipakai sampai 10-15 tahun. Tidak itu saja, kayu ini mempunyai tingkat kekebalan pada hama insekta spesifik.

Keunggulan Kayu Kamper
Dari banyaknya kayu kamper yang berada di Kalimantan, kayu kamper dari Samarinda termasuk juga kayu kamper yang bermutu baik. Kayu kamper Samarinda mempunyai serat yang indah hingga finishhing juga tidak dibutuhkan lagi. Ditambah, kayu kamper tahan rayap.

Disamping itu, ketahanan kayu kamper seperti dengan kayu jati, walau kayu jati masih lebih baik dari kayu kamper. Harga juga lumayan murah, hingga pas untuk Anda yang sedang bangun rumah atau membuat furniture dengan budget yang rendah.

Kenapa Kayu Kamper Tahan Rayap?
Baunya yang seperti dengan kapur barus membuat serangga seperti rayap serta yang lain pergi. Dengan demikian, Anda tak perlu repot beli pengusir rayap untuk kayu kamper serta tidak perlu cemas kayu kamper cepat lapuk.

Kekurangan Kayu Kamper
Walau berkapasitas tahan baik, kayu kamper punyai kekurangan, khususnya waktu telah lama dipakai serta terserang air sebab kayu kamper dapat menghisap air serta berkurang. Oleh karena itu, material ini tidak pas dibuat bahan fundamen membuat pintu serta jendela rumah. Tetapi, menggunakan kayu kamper untuk konstruksi atap serta plafon ialah pilihan paling baik.

READ  Yuk Kenali Penentu Kualitas Cat Eksterior

Di samping kayu jati, kayu kamper dapat juga jadi pilihan sebab keunggulannya yang tahan banting dan anti-rayap. Untuk tempat tinggal yang semakin nyaman, Anda dapat memadukan kayu jati serta kayu kamper untuk efektivitas bangunan di rumah.

You May Also Like

About the Author: Admin