Yuk Intip Bahan Alternatif Ini Bisa untuk Bangun Rumah Murah

Membuat rumah sekarang ini mulai banyak rujukannya. Bahkan juga, bila pengin membuat rumah yang murah.

Salah satunya pengurangan ongkos ialah cari material pilihan untuk membuat rumah murah. Kecuali material untuk bangunan biasanya, saat ini banyak diketemukan tehnologi bahan pilihan yang lebih efisien.

Mencuplik buku ‘Rumah Murah Seri Rumah Ide’, kreasi Imelda Akmal, Architectural Writer Studio, berikut material pilihan untuk bikin rumah murah:

1. Semen Mortar

Secara unit harga semen mortar sedikit tambah mahal dibanding semen biasa. Tetapi, penggunaannya lebih hemat, cepat, serta tidak perlu banyak tukang.

Dengan semen siap gunakan, kita tak perlu mengira-ngira kombinasi pasir serta semen.

Baca Juga : harga bata hebel

2. Beton Aerasi

Beton ini lebih enteng dibanding batu bata biasa. Hingga, beban dasar dapat dikurangi.

Ukuran unit lebih berpresisi dengan dimensi semakin besar hingga penggunaannya semakin sedikit untuk satu sektor dinding. Beton Aerasi ini kedap suara serta relatif tahan api dengan daya serap rendah hingga tidak gampang lembab.

3. Kertas

Di Jepang sampah kertas didaur ulangi jadi bahan bangunan pilihan. Karakternya yang enteng pas dipakai untuk bangunan tahan gempa.

Simak juga: Membuat Design Teras Mencaci-maki, Baca Triknya di Sini

Tetapi, tehnologi serta penggunaannya belumlah cukup kerabater untuk warga Indonesia. Disamping itu, karakter landasan kertas yang kurang tahan air cukup mempersulit program di wilayah bercurah hujan tinggi.

Simak Juga :ukuran bata ringan

4. Styrofoam (EPS Sandwich Panel)

Expanded Polystyrene atau yang diketahui dengan arti styrofoam sering dijumapi selaku wada makanan serta pengaman barang elektronik. Rupanya, Styrofoam bisa juga jadi material pilihan untuk dinding.

EPS Sandwich panel misalkan, berbentuk dua panel metal yang sisi tengahnya diisi styrofoam. Kecuali enteng serta bertahan lama, panel ini kedap suara.

5. Fiber Semen

Bahan ini adalah material alternatif asbes gelombang sebab asbes adalah zat yang beresiko untuk kesehatan. Fiber semen diguanakn selaku amterial penutup atap serta cladding. Kecuali enteng serta tahan rayap, fiber semen relatif gampang terpasang.

READ  Yuk Mulai Hitung Biaya Pemasangan Daun Pintu dan Jendela

6. Container serta Tube

Peti bungkus serta sisa gerbong kereta bisa juga jadi tempat bernaung yang murah. Kita tinggal membuat bukaan untuk pintu serta jendela.

Tetapi, lihat perputaran udara serta insulasi panas bila di wilayah tropis.

You May Also Like

About the Author: Admin