Yuk Intip Asal-usul Besi dalam Surah Al Hadid

KITAB suci Alquran adalah pandangan hidup golongan Muslimin. Alquran jadi umber syariat yang mempunyai banyak faedah untuk umat Islam. Alquran di turunkan pada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dengan memakai bahasa Arab yang mempunyai makna serta arti langsung dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Alquran ialah mukjizat yang dikasih ke Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang disebut sumber dari semua sumber hukum serta penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Alquran sebagai sumber pengetahuan, contohnya seringkali disebut serta dijelasakan mengenai ilmu dan pengetahuan seperti astronomi serta yang lain.

Terdapat beberapa rahasia yang tercatat dalam kitab suci Alquran, diantaranya penamaan Surah Al hadid atau ‘besi’. Ini memunculkan beberapa pertanyaan kenapa besi, salah satunya komponen kimia dalam tabel periodik besi (fe= ferrum), dengan cara spesial jadi nama surah di Alquran? Lalu apa kelebihan besi dibanding benda yang lain yang semakin bernilai?

Di sini rupanya Allah Subhanahu wa ta’ala simpan rahasia besar yang baru tersingkap sesudah beberapa periset lakukan riset. Allah ta’ala berfirman:

قَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

“Sebenarnya Kami sudah mengutus rasul-rasul Kami dengan bawa bukti-bukti yang riil serta sudah Kami turunkan bersama-sama mereka Al Kitab serta neraca (keadilan) agar manusia bisa melakukan keadilan. Serta Kami buat besi yang kepadanya ada kemampuan yang hebat serta beberapa faedah buat manusia, (agar mereka menggunakan besi itu) serta agar Allah ketahui siapa yang membantu (agama)Nya serta rasul-rasulNya walau sebenarnya Allah tidak dilihatnya. Sebenarnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS Al Hadid (57): 25)

Mencuplik dari account Youtube Taqqarub Light, Jumat (7/8/2020), dalam ayat itu ada kata wa anzalnal-hadida yang berarti “Dari kami turunkan besi”. Kata turunkan besi bermakna mempunyai arti jika besi tidak dibikin di bumi, tetapi turun dari langit. Ini juga terjawab sesudah Profesor Armstrong dari NASA atau Mohamed Asladi yang berpandangan jika “memang besi di turunkan dari langit”. Sains memberi pengetahuan pada manusia jika besi termasuk juga logam berat yang tidak bisa dibuat oleh bumi sendiri.

READ  Yuk Cegah Masalah yang Dapat Menimpa Kayu

Keterangan ilmiah mengenai besi astronomi kekinian sudah ungkap jika logam besi yang diketemukan di bumi datang dari bintang-bintang raksasa di luar angkasa. Logam berat di alam semesta dibikin serta dibuat dalam pokok bintang-bintang raksasa. Namun skema tata surya bumi tidak mempunyai susunan yang pas untuk membuahkan besi dengan cara mandiri.

Besi cuma bisa dibikin serta dibuat dalam bintang-bintang yang jauh semakin besar dari matahari yang hawanya capai beberapa ratus juta derajat saat jumlah besi sudah melebihi batas spesifik dalam bintang-bintang itu tidak memikulnya serta pada akhirnya meledak lewat momen yang disebutkan “nova” atau “supernova”.

Karena ledakan ini meteor-meteor yang memiliki kandungan besi bertaburan di semua pelosok alam semesta. Semua bergerak lewat ruangan hampa sampai alami tarikan oleh style gravitasi benda angkasa.

Seorang periset populer sebagai pembicara dalam seminar ‘Mukjizat Ilmiah Alquran Al Karim,’ Dr Strong menjelaskan hal sama. Dia sudah lakukan beberapa riset pada beberapa barang tambang bumi dalam beberapa riset laboratorium, tetapi cuma satu tipe barang tambang yang benar-benar memusingkan beberapa ilmuan yakni besi.

“Dari bagian kemampuannya, besi mempunyai bentuk (susunan) yang unik. Supaya elektron-elektron serta nitron-nitron bisa bersatu dalam faktor besi karena itu dia perlu energi yang mengagumkan capai 4x semakin besar dari keseluruhan energi yang berada di planet matahari kita,” katanya.

Semuanya memperlihatkan jika logam besi tidak tercipta di bumi, tetapi kiriman dari bintang-bintang yang meledak di ruangan angkasa lewat meteor-meteor serta “di turunkan ke bumi”. Sama seperti dipastikan dalam ayat Alquran.

Pokok besi untuk perisai medan magnet bumi bukti setelah itu, sabuk radiasi yang membuat energi tinggi terbagi dalam proton serta elektron, melingkari beberapa ribu km. di atas bumi, dinamakan Sabuk Van Allen.

Sabuk ini membuat perlindungan bumi serta didalamnya dari ledakan hebat energi matahari yang berlangsung tiap 11 tahun sekali yang disebutkan solar flares. Ledakan hebat ini jika tidak ditahan di angkasa bisa merusak semua kehidupan di bumi dengan kemampuan sama dengan 100 juta bom atom Hirosima. Perlindungan didapatkan dari gempuran badai kosmis yang mencelakakan umat manusia.

READ  10 Fakta Ilmiah tentang Baja yang Hadi Pranoto Salah Sebut Data

Sabuk ini tercipta dari pokok bumi yang besar, yakni terbagi dalam besi serta nikel. Kedua-duanya membuat medan magnet yang besar, yakni tidak dipunyai oleh planet lain terkecuali Planet Merkurius dengan radiasi yang semakin loyo.

Dari sini kemungkinan kita memahami kenapa besi tempati salah satunya judul surah di Alquran. Pokok besi barusan serta nikel “membuat perlindungan makhluk bumi” berbentuk perisai elektromagnetik dengan “kemampuan yang hebat”. Tetapi yang penting Alquran ingin memperlihatkan pada manusia jika besi tidak bisa dibuat di bumi, besi langsung di turunkan dari langit untuk digunakan oleh manusia.

Komponen berat besi, FE-57 serta Al Hadid surah ke-57, ciri-ciri setelah itu terkait dengan komponen kimia dalam tabel periodik. Manusia mustahil menerjemahkan ‘surah besi’ tanpa ada “membedah” komponen kimia besi.

Berikut ciri-ciriistiknya yang terkait dalam kata Al Hadid tanpa ada mengenali karakter-sifat besi. Manusia tidak ketahui “keelokan” surah besi ini yang ditempatkan pada nomor 57.

Dengan cara ilmiah faktor besi memiliki empat isotap, yakni 54, 56, 57, serta 58. Lantas yang konstan ada tiga yakni 56, 57, serta 58. Dari ke-3nya isotop 57 ialah salah satu yang punyai nuclear rewrite. Khasnya ini sesuai posisi Al Hadid (besi) yang disebut surah ke-57.

Kata “besi” dalam Alquran disebutkan 90 kali dalam enam ayat tidak sama. Salah satunya info menarik dari hal yang menarik yang lain ialah keterangan yang terkait dengan “rahasia” Dzulkarnain pada surat Al Kahfi (18) Ayat 96 yang berarti bermakna “gua”. Ayat itu bercerita mengenai “pintu besi” yang dibuat oleh Dzulkarnain “antara ke-2 pucuk gunung”. Satu ketika mau hancur saat kiamat sudah dekat.

Langkah Memproses Besi

Alquran bukan hanya menjelasakan darimanakah besi berasal, tetapi bagaimanakah cara mengolahnya. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Surah Al Kahfi Ayat 96 serta QS Saba Ayat 10:

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا

READ  Yuk Simak Syarat Pelapis Lantai untuk Ruang Makan Outdoor

“Berilah saya potongan-potongan besi. Sampai jika besi itu sudah sama rata dengan ke-2 (pucuk) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: ‘Tiuplah (api itu).’ Sampai jika besi itu telah jadi (merah seperti) api, ia juga mengatakan: ‘Berilah saya tembaga (yang mendidih) supaya saya tuang ke atas besi panas itu’.” (QS Al Kahfi (18): 96)

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ

“Serta sebenarnya sudah Kami beri pada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): ‘Hai gunung-gunung serta burung-burung, bertasbihlah berkali-kali bersama-sama Daud’, serta Kami sudah melunakkan besi buatnya.” (QS Saba (34): 10)

Salah satunya tehnik memproses besi adalah dipanaskan sampai mendidih atau jadi bara, lalu baru dapat dibuat seperti keinginan. Kembali lagi proses ini 100 % tepat dengan yang disebut dalam Al Quran. Khasnya Alquran menerangkan jika langkah ini telah digunakan beradab-adab jauh sebelum beberapa sains kekinian seperti saat ini.

Allah Subhanahu wa ta’ala telah menerangkan semua bagian pengetahuan dengan cara terinci yang tetulis dalam kitab suci Alquran, pandangan hidup paling penting, sumber pengetahuan yang benar-benar mengagumkan yang dapat manusia dalami. Benar-benar besar kuasa Allah Ta’ala dengan semua ke maha besar-Nya.

You May Also Like

About the Author: Admin