Pria Lulusan SD Ini Sukses Dirikan Nippon Paint

Perusahaan cat serta pelapis tembok Nippon Paint Holdings rupanya dibangun oleh seorang pria yang cuma mempunyai ijazah Sekolah Fundamen (SD) Goh Cheng Liang. Kehidupan Goh jauh dari kata eksklusif. Dia tercipta dari keluarga miskin yang perlu berusaha menantang perihnya kehidupan.

Pria yang datang dari Singapura ini sangat terpaksa dikirim ke Kota Muar, Malaysia oleh ke-2 orang tuanya sebab kurangnya ongkos hidup mereka. Goh disana berjualan jala ikan dengan saudara iparnya.

Goh cuma bertahan semasa 3 tahun di Malaysia serta putuskan kembali pada Singapura di tahun 1943. Dengan dengan modal uang dari hasilnya jual jala ikan, Goh membangun usaha air aerasi (air yang mengandung oksigen). Tetapi, bisnisnya tidak berhasil serta harus gulung tikar.

Singkat kata, pada tahun 1949, Goh beli cat dari orang Inggris yang waktu itu melelang cat-cat kepunyaannya yang telah membusuk serta tidak wajar gunakan. Dia membeli untuk melakukan eksperimen.

Goh juga mencampurkan beberapa bahan pelarut serta kimia untuk memproses cat-cat busuk itu. Eksperimennya juga sukses, cat-cat yang sudah membusuk dapat dia pakai kembali lagi.

Dari mulai situ, dia membangun perusahaan catnya sendiri, Pigeon Paint. Tahun selanjutnya, bisnisnya melesat sebab kebijaksanaan pemerintah yang batasi produk import, termasuk juga cat sebab perang Korea. Usaha juga terus bertumbuh.

Masuk tahun 1959, Nippon Paint Holdings Jepang ajak Goh untuk bekerja bersama. Perusahaannya juga makin meluas, serta waktu ii jadi salah satunya produsen cat paling besar di Asia, persisnya di cabang Malaysia, Indonesia, China, serta Filipina.

Melalui kesuksesannya itu, Goh yang sekarang ini mempunyai 39% saham Nippon Paint Holdings mempunyai kekayaan sebesar US$10,4 miliar atau seputar Rp145,2 triliun.

READ  Yuk Simak Layanan Cat untuk Kalangan Profesional

You May Also Like

About the Author: Admin