Dukung Pacitan Jadi Produsen Batako Terbesar Yuk

Kabupaten Pacitan diketahui selaku salah satunya wilayah yang berpotensi sumber daya alam melimpah. Diantaranya yaitu di Dusun Bungur dan Dusun Ngumbul yang mempunyai sumber daya berbentuk pasir dan batu-batuan.
Untuk menghidupkan kekuatan yang berada di ke-2 dusun itu, Team Program Produk Tehnologi yang Didiseminasikan ke Warga (PTDM) Kampus Surabaya (Ubaya) memberikan kontribusi tehnologi mesin pembuat batako mekanisme gravitational and vibration memakai matras 4 cetakan (cavity).
Kontribusi berbentuk dua unit mesin bikin batako dan dua unit mixer pengaduk adonan batako itu dikasih ke Barisan Lanang Gagah Dusun Bungur dan barisan Jeruk Jaya Dusun Ngumbul.
Ir. Yon Haryono, M.T., sebagai Ketua Eksekutor PTDM Ubaya 2020 menerangkan, jika ke-2 dusun itu berpotensi sumber daya alam berbentuk pasir dan batu-batuan yang digunakan untuk buka lapangan pekerjaan atau jadi kesempatan usaha baru buat masyarakat seputar.
“Melimpahnya pasir selaku bahan baku khusus pengerjaan batako ini jadi kesempatan yang bisa digunakan masyarakat lokal untuk tingkatkan penghasilan lewat peningkatan usaha. Salah satunya kekuatan dusun yang bisa ditingkatkan oleh masyarakat yakni dengan meningkatkan usaha bikin batako,” terang Yon Haryono saat dikontak Basra, Selasa (17/11).

Baca Juga : Batako

Kecuali memberikan kontribusi mesin bikin batako, faksinya memberi training langkah mengoperasionalkan dan menjaga mesin bikin batako agar berproduksi optimal dan berkepanjangan.
Yon menjelaskan, mesin pembuat batako yang dikasihkan oleh Ubaya memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya, dalam sekali membuat mesin bisa cetak empat buah batako dalam kurun waktu kurang dari 2 menit.
“Dengan saat yang demikian cepat, dan kualitas batako yang kuat. Kemampuan produksi semakin lebih banyak dan masyarakat dapat hasilkan batako dalam kurun waktu yang cepat,” papar Dosen Program Studi Tehnik Mesin dan Manufacturing Ubaya.

Bantu Pacitan Jadi Produsen Batako Paling besar, Ubaya Berikan Mesin Pembuat Batako (1)
Adanya mesin bikin batako itu, Yon mengharap kecuali bisa buka lapangan pekerjaan buat masyarakat khusunya mereka yang terimbas wabah COVID-19, ke-2 dusun partner Ubaya ini menjadi sentra produk bermutu.
“Mimpi kami, kita akan mengikuti lagi dusun binaan kami sampai satu waktu dusun itu jadi sentra produk batako bermutu di wilyah Pacitan,” tutupnya.
Saat itu, Rinto Widrastopo sebagai Ketua Barisan Lanang Gagah Dusun Bungur sampaikan rasa terima kasih ke team PTDM Ubaya dan Kemenristek/BRIN atas kontribusi mesin pembuat batako dan pengiringan yang sudah dikasihkan.

READ  Yuk Intip Asal-usul Besi dalam Surah Al Hadid

Simak Juga : harga batako hebel

Menurut dia mesin pembuat batako PTDM Ubaya memiliki keunggulan dibanding mesin pembuat batako yang berada di Pacitan. Hal tersebut sebab mesin pembuat batako PTDM Ubaya mempunyai kualitas kepadatan yang lebih baik. Ditambahkan lagi, mempunyai harga yang berkompetisi sebab bahan baku telah ada di Dusun Bungur.
“Mesin pembuat batako ini benar-benar berguna dan diinginkan bisa buka lapangan pekerjaan atau jadi usaha baru buat beberapa pemuda di Dusun Bungur. Keinginannya mudah-mudahan produk batako hasil produksi barisan Lanang Gagah sanggup berkompetisi dengan produk semacam di Kabupaten Pacitan,” ujarnya.
Kecuali memberikan mesin bikin batako, faksinya memberi training dan pengiringan berkaitan Wiraswasta dan Rencana Usaha Batako yang dikerjakan secara daring oleh rektor Ubaya Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T

You May Also Like

About the Author: Admin